fbpx
Yogyakarta

4 Objek Wisata di Yogyakarta Yang Bisa Dikunjungi Dalam 1 Hari

Hi Sister! Yogyakarta tuh merupakan salah satu kota yang menjadi destinasi favorite liburan bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Terdapat banyak pilihan objek wisata di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi mulai dari wisata alam, kuliner hingga wisata belanja. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu berlibur di Yogyakarta, kamu bisa memilih beberapa obyek wisata yang bisa dikunjungi dalam sehari saja. Nah dimana sajakah itu?

Sebelum beranjak ke objek wisata yang bisa kamu kunjungi dalam sehari, wisata mana saja yang pernah kamu kunjungi? Jika belum pernah berlibur ke Yogyakarta, sebaiknya kamu pilah aja terlebih dahulu jenis wisata yang ingin dikunjungi seperti pantai, air terjun, situs candi, atau wisata kuliner dan belanja. Berikut beberapa referensi objek wisata yang bisa kamu kunjungi dalam waktu 1 hari saja dengan budget Rp 20.000,- aja! Murah banget kannn? Eh tapi itu belum termasuk transportasi dan makan yah hehe..

objek wisata di yogyakarta super duper murah yang bisa dikunjungi dalam 1 hari

1. Keraton Yogyakarta

Kraton Yogyakarta merupakan salah satu destinasi favorite wisatawan baik wisatawan lokal maupun asing. Wisata ini tergolong dalam wisata sejarah dan edukasi yang tentunya banyak memberikan informasi mengenai Keraton Yogyakarta Hadiningrat. Wisata kraton ini memang sengaja dibuka untuk umum guna untuk memberikan pengetahuan sejarah khususnya bagi generasi muda.

Objek Wisata di Yogyakarta
Source : www.instagram.com/syammr/

Jam operasional wisata Kraton Yogyakarta itu mulai buka mulai pukul 08.00 sampai 14.00 WIB setiap harinya. Nah khusus untuk hari Jum’at buka hingga jam 12.00 wib saja nih Sist. Harga tiket masuk ke tempat wisata ini murah banget lho yaitu Rp 10.000,- doang untuk wisatawan lokal dan Rp 15.000,- untuk wisatawan  asing. Kalo kamu kesini membawa kendaraan, kamu juga dikenakan biaya tambahan untuk parkir kendaraan sebesar Rp 3.000,- doang.

Objek Wisata di Yogyakarta
Source : www.instagram.com/melyanda_/

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola wisata cukup lengkap yakni mulai dari toilet umum, tempat parkir, mushola, hingga warung makan dan penginapan. Semua fasilitas yang disediakan tentunya memudahkan para kamu dalam memenuhi kebutuhan liburan.

Kraton Yogyakarta menjadi salah satu destinasi paling direkomendasikan buat kamu yang hanya memiliki waktu satu hari dan ingin liburan yang memberikan banyak pengetahuan dan sejarah. Lokasi wisata ini juga di pusat kota sehingga sangat mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi, umum maupun ojek online.

2. Taman Sari

Lokasi wisata kedua yang wajib kamu kunjungi saat di Yogyakarta adalah Taman Sari. Lokasinya berada di pusat kota dan tidak jauh dari Kraton Yogyakarta. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, umum atau ojek online untuk menuju tempat wisata yang beralamat di Jl. Tamanan, Patehan, Kota Yogyakarta, 55133.

Objek Wisata di Yogyakarta
Source : www.instagram.com/caesadhanisa/

Taman sari adalah wisata situs sejarah yang merupakan sebuah kebun atau taman yang biasanya digunakan untuk mandi dan bersantai bagi keluarga kerajaan di masa lampau. Ada beberapa titik yang menjadi lokasi favorit untuk foto-foto, diantaranya yakni kolam pemandian, jembatan gantung, hingga lorong bawah tanah.

Objek Wisata di Yogyakarta
Source : www.instagram.com/refinadyr/

Bagi kamu yang berwisata ke tempat ini, kamu cuma perlu membayar tiket masuk Rp 5.000,- doang lho. Tapi kalo kamu membawa kamera, kamu harus menambah biaya sebesar Rp 10.000,- lagi. Sedangkan bagi turis asing akan dikenakan biaya tiket masuk 2x lipat dari tiket turis lokal. Selain itu, ada pula tambahan biaya parkir sebesar Rp 3.000,00 untuk motor dan Rp 5.000,00 untuk mobil.

Fasilitas yang disediakan di Taman Sari sudah cukup lengkap dan memadai mulai dari toilet umum, mushola, parkir yang luas, warung makan hingga jasa foto. Bagi kamu yang ingin paket lengkap atau mengunjungi semua spot yang ada, kamu bisa menyewa jasa tourguide dengan biaya sebesar Rp 50.000,00 tiap orang. Seru banget kann?

Baca juga : Jalan-jalan ke Bangkok? Ngga Harus Belanja kok!

3. Benteng Vredeburg

Objek wisata di Yogyakarta ketiga adalah Museum Benteng Vredeburg yang berada di Jl. Margo Mulya, Desa Ngupasan, Gondokusuman, Yogyakarta. Lokasinya berada di pusat kota sehingga sangat mudah dijangkau bagi yang dari luar kota. Kamu bisa menggunakan kendaraan umum untuk menjangkau tempat wisata ini.

Source : vredeburg.id

Jam operasional Benteng Vredeburg ini tuh dari selasa sampai minggu mulai jam 07.30 – 16.00 WIB. Khusus hari senin dan hari besar tertentu, tempat wisata ini tutup. Harga tiket masuk ke Benteng Vredeburg juga sangat murah yakni Rp 5.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp 10.000,- untuk wisatawan asing.

Fasilitas yan disediakan cukup lengkap dan memadai mulai dari mushola, toilet umum hingga tempat makan dan penginapan murah disekitarnya. Benteng Vredeburg juga dekat dengan lokasi wisata lain sehingga kamu bisa sekali jalan bisa menikmati beberapa lokasi wisata. Wisata ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai wisata edukasi dan ingin memperoleh banyak informasi sejarah.

4. Malioboro

Siapa yang tidak kenal dengan Jalan Malioboro di Yogyakarta? Jalan yang fenomenal ini menjadi destinasi utama dan wajib dikunjungi bagi wisatawan saat berlibur ke kota Gudeg. Malioboro menjadi salah satu icon kota Yogyakarta yang bisa dibilang sebagai surganya wisata belanja murah bagi para wisatawan.

Source : IDN Times

Wisata ini sangat cocok buat yang hobi belanja dan ingin memberli oleh-oleh khas Yogyakarta dengan harga terjangkau. Malioboro sendiri buka selama 24 jam sehingga tidak pernah sepi pengunjung. Nah disarankan kamu berkunjung di malam hari sambil menikmati keindahan kota Yogyakarta.

Baca juga : Wajib Tau! Ini 5 Objek Wisata Hidden Gem di Malang yang Worth to Explore

Nah 4 objek wisata di Yogyakarta yang disebutkan diatas merupakan sebagian dari ratusan objek wisata pilihan yang bisa kamu kunjungi dalam waktu satu hari saja. Keempat lokasi wisata diatas berada di pusat kota dengan jarak yang berdekatan. Kamu juga bisa memilih 4 wisata lain yang bisa dikunjungi dalam waktu sehari di wilayah Gunungkidul, Bantul, Sleman maupun Kulonprogo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *