fbpx
Banyuwangi

9 Spot Jalan-Jalan Seru di Banyuwangi, The Sunrise of Java

Jalan-Jalan ke Banyuwangi yuk! Spot no. 8 sudah di kunjungi oleh Bu Sri Mulyani Lho, masa kamu belum sih?

Hello Sister! Di artikel ini, Sistrip akan mengajak kamu untuk Jalan-jalan ke Banyuwangi nih, Kota paling ujung timur di Pulau Jawa. Kota yang mempunyai julukan “Sunrise of Java” ini  merupakan kota yang terkenal dengan wisata pegunungan, lautan, kuliner, pokoknya lengkap semuanya di Banyuwangi.

Kota ini berada di berbatasan beberapa wilayah yaitu Kabupaten Situbondong di utara, Samudra Hindia di selatan, Selat Bali di timur serta Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso di barat.

Ada banyak sekali spot seru nan cantik yang ada di Banyuwangi yang membuat tak hanya wisatawan dalam negeri maupun wisatawan luar negeri pun ingin mengunjunginya.

1. Hutan Djawatan Benculuk

jalan-jalan ke Djawatan
Source : https://www.instagram.com/citrapadmasari/

Hutan ini berisi pohon trembesi yang rindang dan menjulang tinggi menciptakan pemandangan nan eksotis dan misterius. Ketika kamu memasuki bagian dalam hutan ini, rasanya kayak lagi di film-film fiksi kayak Lord of The Ring atau Narnia loh! Di sini juga terdapat banyak spot foto instagramable seperti rumah pohon dan banyak ornament lainnya.

Hutan yang dikelola sepenuhnya oleh Dinas Perhutani setempat ini berlokasi tdk jauh dari pusat kota Banyuwangi, kurang lebih setengah jam perjalanan.

2. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional yang memiliki julukan Africa Van Java ini memiliki luas sekitar 25.000 hektar yang dipenuhi dengan berbagai macam konservasi dan hewan-hewan alam. Rasanya seperti beneran jalan-jalan ke Afrika loh hehe. Taman Nasional Baluran memiliki 3 tipe daerah yaitu Hutan Musim, Hutan Evergreen dan Savana Bekol.

Hutan Musim adalah hutan yang berubah-ubah seusai dengan musimnya. Pada musim hujan, wisatawan akan disuguhi dengan hijaunya pepohonan. Namun pada saat musim kemarau, kondisi Hutan Musim akan gersang.

Jalan-jalan ke Baluran

Hutan Evergreen disebut juga dengan istilah Hutan Abadi, dimana mau apapun musimnya, kondisi hutan ini akan tetap subur.

Lalu ada juga Savana Bekol, ini lah yang dijuluki dengan Little Africa. Di sini wisatawan disuguhi dengan padang savanna dengan latar belakang gunung yang indah. Di sini pula sering ditemukan binatang-binatang seperti rusa, kerbau, dan burung merak juga.

Jalan-jalan ke baluran
Source : www.instagram.com/intanlogager

3. Pantai Bama

Jalan-jalan ke Pantai Bama
Source : http://pinterest.com

Pantai ini berada di dalam Taman Nasional Baluran. Kondisi pantai ini masih sangat asri dengan pasir putihnya dan tidak kalah indah dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Di sini wisatawan juga dapat jalan-jalan melihat hutan bakau loh.

Di Pantai Bama ini juga terdapat banyak monyet-monyet lucu tapi suka usil kalo wisatawan bawa makanan. Jadi jaga makanannya kalo di sekitar monyet-monyet itu ya!

4. Taman Nasional Alas Purwo

Source : Jatimnow.com

Banyuwangi tak hanya punya Taman Nasional Baluran saja. Kamu juga bisa mengintip berbagai kehidupan flora dan fauna di Taman Nasional Alas Purwo. Tak jauh dari pintu gerbang, wisatawan dapat melihat terdapat candi yang bernama Situs Kawitan, yang dalam bahasa Jawi Kawi artinya tua. Ini dikaitkan dengan Alas Purwo yang dipercaya sebagai tanah yang pertama kali ada saat penciptaan tanah Jawa.

5. Teluk Hijau

Source : https://blog.reservasi.com/

Dikelilingi hijaunya hutan, pasir putih yang lembut dan air laut berwarna kehijauan, Pantai Teluk Hijau ini menjadi hal yang wajib di kunjungi kalau lagi jalan-jalan ke Banyuwangi. Spot wisata ini kerap dikenal juga sebagai Green Bay. Warna air laut yang berwarna hijau disebabkan alga yang tumbuh di dasarnya. Ditambah pepohonan dan gunung-gunung di sekeliling Pantai Teluk Hijau yang memperkuat karakter hijau dari pantai ini.

6. Pulau Merah

Source : Fimela.com

Pulau yang cukup dikenal sebagai salah satu tempat surfing terbaik di Banyuwangi ini berada di bagian selatan Banyuwangi. Pantai pulau merah ini memiliki pasir putih cantik yang terhampar luas sepanjang 3 Km memiliki ombak indah yang menjadi favorit para surfer loh. Bahkan tak hanya surfer dari dalam negeri yang berselancar di pantai ini beberapa surfer mancanegara selalu ada setiap harinya.

Buat kamu tidak bisa surfing, tenang saja! Di pantai ini ada juga yang menyediakan jasa belajar surfing loh.

7. Air Terjun Jagir

Source : gotravelly.com

Air Terjun ini memiliki keunikan dimana dalam satu lokasi terdapat tiga jalur air terjun, masyarakat sering menyebut air terjun Three In One, air terjun kembar, air terjun bersaudara, sampai air terjun bidadari karena airnya yang saking jernihnya diibaratkan sebagai pemandian bidadari.

Siap-siap untuk menuruni sekitar 125 anak tangga yah! Tapi Sistrip jamin, ini akan worth it banget karena begitu sampai di bawah, kamu akan disuguhi pemandangan beberapa air terjun yang indah, dengan udara yang sejuk.

8. Kawah Ijen

Source : https://www.instagram.com/citrapadmasari/

Ini dia tempat wisata yang paling terkenal di Banyuwangi. Disini kamu dapat melihat blue fire. Seperti yang diketahu, Blue Fire hanya ada 2 di dunia, yaitu di Kawah Ijen dan Finlandia. Pastikan kamu menggunakan masker saat berkunjung sedekat ini karena gas yang muncul tidak terlihat jelas di malam hari sehingga akan berbahaya bagi pernafasan. Panjang perjalanan dari gerbang hingga ke puncak sekitar 3 km, dengan 1 km area datar dan 2 km menanjak juga berkelok-kelok.

Jalan-jalan ke Ijen
Source : https://pesona.travel/

Selain Blue Fire, kamu juga bisa menikmati pemandangan indah selama di perjalanan. Tau gak sih, Bu Sri Mulyani aja sudah kesana loh! Ayo kamu kapan? hehe

https://www.instagram.com/p/BfzMjRzA1Ac/?utm_source=ig_web_copy_link

9. Bandara Blimbingsari

Source : Indonesiabangkit.net

Yup! Sistrip memasukan Bandara Blimbingsari juga ke list ini. Karena bandara ini adalah Green Airport pertama di Indonesia yang mempunyai design interior yang unik. Berbeda dengan bangunan terminal bandara pada umumnya yang banyak dipenuhi keca, Bandara Blimbingsari menyuguhkan karya anti mainstream dengan menggunakan banyak kayu. Sebagian besar merupakan kayu bekas malahan!

Itu dia 9 spot jalan-jalan seru di Banyuwangi ala Sistrip. Kalo kamu tau spot seru lainnya di Banyuwangi, comment dibawah yah!

Baca juga : 7 Objek Wisata Bintan yang Memukau

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *