fbpx
Tips

Tips Foto Untuk Dapat Bomb Like Instagram

Hello Sisters! Kali ini kami akan membahas tentang bagaimana membuat foto instagramable yang kekinian, yang membuat feed social media kalian semakin kece. Kalau foto-foto di Instagram kalian keren, sudah pasti semakin banyak yang memberikan like.

Tips foto yang akan kita bahas kali ini khususnya foto traveling kalian, tapi bisa juga sih foto di kafe atau resto kece yang kalian kunjungi. Sayang banget kan kan kalau datang ke tempat bagus tapi kita lupa foto.

Ok Sisters, sekarang kita bahas
ya tips dan beberapa ide dalam pengambilan foto.

Kondisi Cahaya

Pastikan kondisi cahaya cukup untuk kita mengambil foto. Karena cahaya adalah faktor yang paling penting dalam Teknik pengambilan foto. Manfaatkan available lighting. Apa itu available
lighting?
Yaitu cahaya dari alam, atau sinar matahari. Misalnya kita lagi mengunjungi kafe pada pagi sampai sore hari, kita bisa foto tanpa banuan atau tambahan cahaya. Beruntung kalau kafe atau restonya ada jendela yang besar.
Kalau ada pastikan kalian duduk di samping jendela ya Sist.. karena kalian bisa
tambah kece. Tapi, pengambilan fotonya jangan berlawanan dengan jendela yaah,
karena bisa backlight atau foto kalian bisa jadi gelap. Pastikan arah
pengambilan fotonya dari samping sehingga objeknya bisa ter-capture
dengan jelas.

Bagaimana kalau kafenya tidak ada jendela besar atau pada malam hari? Tenang Sist.. kalian masih tetap bisa punya foto kece kok, asalkan kamera tidak berlawanan dengan sumber cahaya. Dan objeknya atau model berada diabawah atau didepansumber cahaya. Dalam hal ini sumber cahaya adalah lampu.

Kamu termasuk traveller atau turis? baca disini.

Tips Foto ‘Candid Palsu’

Sisters pasti paham banget nih apa yang dimaksud candid palsu.. Kalau pengertian candid sendiri adalah foto yang tidak disengaja atau objeknya natural, dengan gaya yang tidak diarahkan
atau dibuat-buat. Foto candid biasanya sering digunanakan untuk foto liputan,
kita bisa juga mengambil ide ini.  Konsep candid memang menarik, tapi kadang-kadang ekspresi modelnya lagi kurang oke.
Sehingga banyak yang mengambil konsep foto candid tapi secara sadar hehe.. Caranya model jangan lihat ke kamera tapi ke arah yang lain atau sedang melakukan aktifitas tertentu misalnya sambil baca buku, lihat handphone, ngobrol dengan teman-teman, atau aktifitas lainnya.

Pose ini adalah pose favorit karena dianggap natural dan apa adanya, tapi jangan salah Sist, sesungguhnya behind the scene pada pengambilan foto ini justru diambil berkali-kali sampai
mendapatkan foto yang benar-benar dianggap oke.

Contoh Foto Candid Palsu

 

Contoh Foto Candid Palsu .https://www.freepik.com/

Tips Foto Travel   

Kalau kalian lagi traveling, wajib hukumnya untuk foto-foto. Selain untuk mengabadikan momen, juga untuk di posting di social media. Karena ini menjadi hal yang paling penting ketika
traveling, maka banyak hal yang harus diperhatikan.

Sebelum melakukan trip, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang destinasi yang akan dituju. Misalnya di kota itu punya pantai cantik, kalian harus tahu apakah pantai tersebut sunset spot atau sunrise spot. Jadi kalian tidak datang pada waktu yang salah. Kalau ingin foto pantai atau gunung, atau keindahan alam lainnya, pastikan kalau alamnya yang menjadi objek utama, jangan modelnya. Misalnya kalian lagi foto di pantai sebaiknya warna birunya pantai atau laut yang mendominasi foto kalian.             

Ketika traveling biasanya stok foto kita untuk diposting jadi bertambah. Karena banyak ide yang muncul ketika sedang jalan-jalan. Selain foto di landmark daerah setempat, bisa juga ketika kita sedang beraktifitas yang menunjukkan bahwa kita on the trip. Misalnya saat kita berada di airport atau stasiun kereta sambil membawa koper, pose ini bagus untuk di posting di Instagram story loh Sist, karena sekalian pengumuman bahwa kita lagi mau liburan.

 

Foto Travel – Jadikan Background Alam yang Dominan https://www.freepik.com/

Tips Foto Untuk Si Private
Person

Private Person adalah orang yang cenderung tidak suka membagikan kehidupan pribadi mereka di social media. Baik itu tentang makanan yang mereka makan, pakaian yang mereka gunakan hari itu
atau outfit of the day (OOTD), sampai ke foto selfie mereka. Mungkin beberapa diantara kalian ada yang tipe seperti ini. Jangan sedih Sist… kalian masih tetap bisa eksis kok di social media kalian, kalian tetap bisa bikin gallery foto di Instagram yang tetap menarik. Bikin foto yang tetap ‘bercerita’
yang catchy. Membuat sebuah konsep menjadi hal yang paling penting. Misalnya konsep sedang bekerja di sebuah coffee shop. Kalian bisa setting meja (pastikan memilih lokasi meja yang oke ya Sist) dengan beberapa property pendukung seperti laptop, buku, alat tulis dan tetunya kopi yang kalian pesan. 

Angle yang paling disukai adalah flat lay, atau angle dari atas. Kalau kalian pesan coffee latte, latte art bisa menjadi pemanis penampian foto. Konsep ini bisa membuat foto terasa ‘hidup’tanpa adanya model. Konsep travel adalah konsep yang paling mudah di eksplor untuk membuat foto. Misalnya kalian bisa memakai property tavel yang bisa menjadi simbol liburan seperti kamera, kacamata hitam, paspor, topi, sepatu, tas untuk travel, yang disusun cantik. Foto ini cukup mewakili  kalau kalian lagi bersiap-siap liburan.

Foto Property Travel

 

Foto Property Traveling Untuk si ‘Private Personhttps://www.freepik.com/

Warna Memegang Peranan Penting

Tidak bisa dipungkiri, warna menjadi daya tarik utama sebuah foto. Sekali lagi, dengan menyusun sebuah konsep terlebih dahulu maka kalian akan menghasilkan sebuah foto yang menarik dan tidak membuang-buang waktu. Dengan konsep, kalian bisa merencanakan warna yang akan dipilih. Memakai warna-warna kontras bisa menciptakn foto dengan mood yang dinamis, dan jika memilih warna yang senada atau monochrome akan menciptakan mood yang tenang. Untuk foto travel, lebih baik memilih konsep foto yang dinamis. Misalnya kalian akan foto di pantai dengan dominan warna biru, pilihlah warna baju atau tas dengan warna yang kontra, contohnya shocking pink.

The Power of Photo Filter

Baik foto menggunakan kamera DSLR, Mirrorless, ataupun Smartphone, kita tetap butuh mengedit foto kita dengan menggunakan filter. Sekarang ini bahkan banyak yang menjual preset untuk mempermudah pengeditan. Preset ini juga berguna untuk membuat mood yang sama agar foto-foto di gallery social media kita lebih serasi.

Anyway Sist, filter hanya untuk membantu foto menjadi lebih dinamis ya, yang paling penting adalah tetap mengambil foto dengan teknik yang benar, jadi foto kalian memang sudah bagus dari aslinya.

So Sisters, selamat mencoba dan bermain-main dengan ide untuk membuat foto yang kece!

Author : Sari


Sudah Bisa Bikin Foto Kece? Jalan Yuk! Bosen ke Hotel Biasa? Ayo Uji Adrenaline di Hotel Unik Ini! 

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *